teddibelajarbersyukur
Belajar, Bersyukur, Bekerja
 
Monday, October 16, 2006
Bulan Orang Terpinggirkan
Semalam aku buka puasa bersama keluarga di salah satu warung nasi kapau di kawasan Senen. Lama tak makan disana, aku tidak menyangka jika di bulan puasa, weekend pula, warung itu begitu ramai. Nyaris saja kami tidak mendapatkan tempat duduk. Untunglah, setelah sedikit bergerilya, ada beberapa orang yang bersedia meluangkan tempat duduknya bagi kami. Sembari menunggu datangnya pesanan dan waktu buka, aku pun mengamati keramaian yang terjadi. Para karyawan warung yang amat sibuk melayani pesanan, pengunjung yang memesan dengan suara keras agar lekas terdengar, lalu lalang orang mencari tempat duduk, beberapa orang yang berinisiatif untuk mengambil pesanannya sendiri, seorang ibu yang sibuk berdiskusi dengan anaknya tentang menu yang akan dipilih, tukang parkir yang penuh semangat mencarikan tempat bagi mereka yang baru datang, sampai beberapa calon pengunjung yang membuka jendela mobil dan menatap putus asa pada meja-meja yang telah penuh sesak itu.

Radio pun dinyalakan, mengantarkan suara adzan maghrib. Sebagai pengunjung, segeralah aku menikmati segelas teh es manis (demikian orang Minang menyebut es teh) yang telah berhasil kudapatkan. Suara-suara kelegaan muncul dari para pengunjung, diiringi oleh beberapa teriakan meminta pesanannya cepat-cepat dihidangkan. Semakin sibuklah para pelayan yang sebenarnya telah sejak tadi bergerak dengan amat cepat. Tak ayal lagi, gerakan mereka pun menjadi pusat perhatianku. Disaat aku sedang mencari kursi, mereka harus sigap dan berkeringat mengurusi pesanan. Ketika aku menikmati guyuran teh es yang melewati kerongkongan, mereka harus lebih sigap lagi agar para pelanggannya tidak menunggu terlalu lama. Mereka amat paham bahwa banyak orang lapar sedang menunggu, justru di saat mereka sendiri juga sedang kelaparan.

Aku pun merasa pantas untuk tersenyum melihat orang-orang dengan semangat tinggi ini. Ya, di bulan yang setiap niatan baik dihargai sebagai ibadah ini mereka mendapatkan 2 macam rezeki. THR tidak mereka dapatkan dari kebaikan perusahaan, melainkan keringat mereka sendiri. Limpahan pahala kebajikan mereka raih dari keikhlasan gerak menyuguhkan buka puasa.

Senyum ini tidak berhenti setelah aku selesai makan. Tempat parkir yang sulit membuat harga parkir yang tidak standar menjadi pantas menurutku. Keluar dari tempat parkir, jalanan yang padat mendatangkan seorang lagi membantu mobilku untuk menyeberang jalan. Sekali lagi aku pun merasa pantas untuk memberinya tarif lebih dari seorang pak ogah biasa. Berjalan merambat, aku baru menyadari kalau sepanjang jalan Kramat ternyata ada cukup banyak penjual penganan ringan yang berjajar, juga tidak kekurangan pengunjung.

Subhanallah! Bulan apa ini yang menyediakan begitu banyak limpahan rezeki seperti ini? Mereka yang biasanya terpinggirkan kini justru menjadi tumpuan harapan orang-orang berduit yang sedang kelaparan bin tidak sabaran. Pantaslah kiranya, sang manusia mulia suatu kali mensabdakan, "Jika manusia tahu keutamaan bulan Ramadhan, niscaya mereka akan meminta semua bulan dijadikan Ramadhan." Aku baru sedikit memahaminya sekarang...
posted by Rumah Kiyut 7:14 AM  
 
1 Comments:
  • At 10:10 PM, Anonymous Anonymous said…

    hai te ... hehehe gue barusan baca2 blog lo. bagus tuh ... belajar melihat hidup dari sisi lain. jieh bahasanya. ya iyalah, kalo lo liat blog gue .. hedonis banget! heheh .. maen2 ke blog gue ya. kapan nih kita jalan bareng?

     
Post a Comment
<< HOME

myprofile
Name: Rumah Kiyut
Home:
About Me:
See my complete profile


previouspost
Kumpul-kumpul Ramadhan
Kerja Pengisi Waktu?
Lailatul Qadr, Sebuah Penguat?
Kaya Fisik, Kaya Spiritual
Mengurai Takdir
Anakku, Seandainya...
Tuhan Yang Romantis
Mengasah Mutiara
Bercermin
Mencari Kejernihan


myarchives
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
June 2007


mylinks
Ant'Z
Rumah Kiyut
Priyadi's
Wimar Witoelar's
Taleo's
The Practice of Leadership
HBS Working Knowledge
McKinsey Quarterly
sepatumerah
Negeri Senja
E-Books
Devi's
Marsha's
Celebrating Life
Iyo's
afsyuhud's
TemplatePanic


bloginfo
This blog is powered by Blogger and optimized for Firefox.
Blog designed by TemplatePanic.